Home PC GAMING Sejarah Game CRASH BANDICOOT

Sejarah Game CRASH BANDICOOT

374
0

Sejak perilisan pertama pada tanggal 3 Desember 1994 di Jepang, PlayStation telah menjadi hiburan yang sangat diminati oleh kalangan masyarakat dunia. Sony merilis konsol gaming pertama yang diberi nama PlayStation 1 atau biasa disebut PS1.

Saat itu untuk memainkan PS1 maka harus menggunakan kaset game, yang dirilis oleh para developer game ternama. Salah satu developer ternama bernama Naughty Dog berhasil menghadirkan sebuah game action platformer tiga dimensi yang sangat fenomenal.

Game fenomenal tersebut berjudul Crash Bandicoot, game yang mengusung desain permainan menaklukan level yang terbilang gampang-gampang susah. Namun ada fakta baru yang mungkin sahabat Gamerszola belum tahu? Game ini sebenarnya pertama kali hampir saja dinamakan Willy the Wombat.

Hal ini dikonfirmasi langsung oleh pendiri dari Naughty Dog yaitu Jason Rubin dan Andy Gavin yang mengatakan bahwa sebelum mereka memustuskan untuk memakai nama Crash Bandicoot mereka mencari inspirasi dari buku-buku tentang hewan di Tasmania.

Dikarena saat itu mereka ingin membuat game dengan binatang yang belum pernah dipakai dalam game dan akhirnya mereka menemukan bandicoot dan wombat, kemudian setelah melalui proses pertimbangan akhirnya yang terpilih adalah bandicoot.

Crash Bandicoot kemudian menjadi game yang sangat digemari oleh pemain PS1 saat itu yang mengantarnya hingga berhasil membuat kelanjutan sebanyak 2 seri dan dengan 1 game tambahan dengan genre yang berbeda namun tetap dengan Crash Bandicoot sebagai karakter utamanya.

1 game tambahan yang dimaksud adalah Crash Team Racing (CTR) yang juga tak kalah terkenalnya dengan 3 seri tersebut. Bahkan CTR menjadi game bergenre Racing Kart yang paling banyak dimainkan pada jamannya.

Sampai dengan akhirnya Sony merilis PS2 yang otomatis membuat banyak sekali pemain dari PS1 yang mengungsi ke PS2 tentunya karena resolusi grafik yang lebih nyata dan juga game yang baru dan menantang.

Naughty Dog pun resmi kehilangan lisensi untuk game Crash Bandicoot setelah mereka memutuskan untuk tidak memperbaharui kesepakatan dan membuat Sony dan Universal menjadi pemilik penuh atas game ini.

Dari kerjasama kedua perusahaan tersebut berhasil menghadirkan hanya 1 game yang bernama Crash Bash. Game ini kurang terkenal dan akhirnya Sony memutuskan lisensi dan Universal kemudian menjadi pemilik lisensi penuh game ini.

Dan ternyata setelah tidak lagi terdengar namanya kepemilikan lisensi berpindah ke Vivendi Universal Games pada tahun 2003. Pada era kepemilikan Vivendi ini meskipun nama Crash Bandicoot sudah tidak terkenal seperti dulu lagi namun tetap saja masih ada gamers yang mengingat game ini.

Vivendi kemudian menjadikan Crash Bandicoot sebagai “maskot” untuk Leukimia and Nymphoma Society’s School and Youth, yang tentu saja merupakan program kemanusiaan yang berfokus pada penyakit Leukimia serta Nymphoma.

Organisasi ini dikhususkan untuk mendidik anak-anak, meningkatkan kesejahteraan dan menumbuhkan kesadaran di seluruh Amerika Serikat akan bahaya Leukimia, Limfoma dan Mieloma.

Setelah itu pada tahun 2008 kepemilikan Vivendi kemudian digantikan oleh Activision yang menjadi pemegang lisensi hingga saat ini. Oleh Activision kemudian game ini di Remaster kembali dan berhasil memukau penggemar game ini kembali.

Tidak dapat dipungkiri bahwa game ini sangat terkenal, dimulai dari gameplay yang sangat menantang, skill yang memukau, musik yang sangat enak didengar dan variasi stage yang berbeda-beda untuk setiap bos.

Intro yang ikonik dari Crash Bandicoot selalu tergiang dikepala saat mulai memainkan game ini, tampilan intro 3-D dari Naughty Dog yang sangat keren membuat penggemar game ini terkagum-kagum pada jamannya.

Namun ada fakta mengejutkan dibalik Intro dari game ini, di awal pengembangannya game ini memiliki tampilan intro ala serial kartun jadul. Berikut videonya :

Jika melihat video tersebut maka mengingatkan kita kepada kartun Animaniacs, Setelah Sony bergabung dengan Naughty Dog maka tampilan intro dan ending pun dirombak besar-besaran, karena Sony ingin game yang dimilikinya mempunyai tampilan 3D.

Secara kasat mata mungkin game ini merupakan game yang menyenangkan, tapi ingat bahwa game ini tidak banyak memberikan kesempatan kedua bagi pemain untuk bertahan hidup. Hal ini sangat berbeda dengan game lain yang memiliki peluang lain untuk bertahan hidup. Contohnya Mario yang dapat memakan jamur dan membuatnya menjadi besar dan kebal.

Crash Bandicoot hanya mengandalkan temannya Aku-Aku sebagai pelindung dan Aku-Aku ini sendiri tidak mudah ditemukan. Dan momen yang sangat menantang adalah ketika pemain salah langkah dan ingin mengambil kotak nyawa diantara kedua kotak TNT. Game ini selalu senantiasa berhasil membawa resiko ke tingkat tertinggi.

Activision secara resmi sudah meluncurkan Remaster dari Crash Bandicoot dengan judul baru Crash Bandicoot N.Sane Trilogy pada tahun lalu. Game Remaster ini mendapatkan respon positif karena Activision tidak mengubah jalan cerita dari game ini yang membuat pemain dapat bernostalgia kembali dengan game ini namun tentu saja dengan kualitas HD.

Gameplay Luar Biasa, itulah kata yang pantas untuk menggambar game ini. Dengan hadirnya kembali game ini maka saat ini para pemain game legendaris ini dapat kembali menikmati petualangan dari Crash Bandicoot yang menantang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here