Home GUIDE DAN ULASAN GAME Review RAGNAROK M ETERNAL LOVE, Nostalgia Game Online Legend

Review RAGNAROK M ETERNAL LOVE, Nostalgia Game Online Legend

215
0

Pada akhir tahun 2018, penggemar game online dunia dikejutkan dengan dirilisnya game online legend yang sudah sangat lama sekali menghilang, yaitu Ragnarok. Dan kali ini hadir khusus untuk pasar mobile dengan nama Ragnarok M Eternal Love.

Game online legend ini hadir dalam gebrakan baru yang siap memanjakan kembali pemain-pemain RO yang dulu diseluruh dunia. Gravity dan Xindong selaku pengembang game ini menjanjikan akan ada banyak sekali hal baru yang patut dicoba pada game ini.

Kembali menghadirkan formula Ragnarok Online dengan tampilan yang lebih modern, developer Gravity dan Xindong sungguh melakukan hal yang sangat patut diancungi jempol kali ini, gameplay yang dibuat berhasil membangkitkan kembali sensasi berpetualang di dunia RO.

Berbeda dengan Ragnarok Online Classic jaman dulu, di versi mobile ini pemain akan lebih dimudahkan dengan berbagai macan fitur yang bisa dipakai untuk membantu pemain dalam menyelesaikan misi.

Sistem ini diimplementasikan untuk mempermudah para pemain agar dapat memanfaatkan waktu dengan lebih baik.

Grafik yang dihadirkan pada versi mobile ini terbilang sangat bagus untuk ukuran game mobile, berbagai macam elemen dalam game dibuat dengan sangat sungguh-sungguh sehingga terasa nyata sekali.

Dengan mengusung tema kartun 3-D, game ini seakan kembali membawa kenangan yang ada pada game Ragnarok Online Classic dulu, hal ini lah yang membuat pihak developer pantas dipuji karena tidak mengubah format game yang memang sudah membekas dihati para pemain RO dulu.

Penataan User Interface pada Ragnarok M Eternal Love terbilang sangat rapi, karena setiap elemen yang terdapat game terasa sangat nyata dan tidak cacat tampilan, hanya untuk kolom quest terbilang cukup memakan space layar sehingga sedikit mengganggu, namun tetap saja game ini sangat bagus dan sayang jika tidak dimainkan.

Job yang tersedia pada game ini pun masih sama dengan versi yang dahulu, sehingga banyak sekali pilihan job yang dapat pemain pilih sesuai dengan selera mereka masing-masing.

Ketika memainkan RO yang terbesit tentunya adalah skill daripada job yang pemain pilih, skill dalam RO versi mobile dapat digunakan dengan cara men-tap skill atau pemain dapat menggunakan fitur auto, mekanisme yang dibawa juga sama dengan versi dahulu.

Untuk mendapatkan skill point maka tentu saja pemain harus naik level terlebih dahulu, Stat atau biasa disebut status juga masih sama sehingga pemain benar-benar akan dibawa menyelusuri kembali permainan RO jaman dulu namun kali ini dengan versi mobile.

Ada 1 hal yang berbeda untuk versi mobile ini, yaitu adanya fitur Adventure Handbook yang tidak ada diversi terdahulu. Fitur ini memungkinkan pemain untuk dapat melihat kembali koleksi monster yang sudah dibunuh ataupun monster yang di foto dan tak lupa juga landmark dari setiap kota RO.

Adventure Handbook ini adalah semacam buku koleksi perjalanan pemain selama memainkan RO, dan menariknya Adventure Handbook ini dapat naik level, sehingga semakin tinggi level pada Adventure Handbook maka semakin banyak pula atribut tambahan yang dapat pemain dapatkan.

Dari Adventure Handbook ini pemain dapat memperoleh Eden Coin dan Experience Adventure.

Seperti biasanya untuk meningkatkan level dari karakter pemain, maka harus melakukan quest atau membunuh monster yang biasa disebut grinding dalam bahasa RO.

Di versi mobile, hadirnya fitur auto-battle ini tentu akan membantu sekali proses grinding dari pemain. Karena pemain tidak hanya akan terus terpaku pada smartphone yang digunakan sehingga dianggap seperti multi-tasking.

Namun fitur auto-battle ini memiliki batasan waktu, jadinya setiap pemain hanya akan diberikan waktu sekitar 300-menit dalam 1 hari untuk auto-battle, akan tetapi durasi waktu auto-battle ini akan secara otomatis terakumulasi jika pemain masih mempunyai sisa waktu pada hari sebelumnya.

Berarti jika terus diakumulasikan maka tidak akan habis dong? mungkin itu pertanyaan yang muncul dibenak pemain, namun nyatanya pihak developer memberikan batasan untuk akumulasi waktu auto-battle yaitu maksimal hanya 900 menit.

Hal yang menjadi kekurangan dari game ini mungkin adalah proses grinding material yang sangat sulit didapatkan, karena untuk membuat suatu senjata ataupun atribut yang lain, pemain harus mengumpulkan material yang diperlukan dan tentu saja material tersebut sangat sulit didapatkan.

Bagi pemain yang sudah memainkan RO versi terdahulu maka akan terasa biasa-biasa saja, namun tidak untuk pemain baru , akan tetapi jika pemain tidak sabar dalam melakukan proses grinding material maka bisa langsung membelinya di Auction House yang biasanya menjual material dengan harga yang lebih mahal.

Dengan berbagai fitur yang dibawanya, Ragnarok M Eternal Love sudah sangat patut diberikan rating 5 bintang pada Playstore, karena sudah memberikan pengalaman RPG yang berbeda dari biasanya.

Antusiasme yang sangat tinggi ditunjukkan oleh para pemain dari server Asia Tenggara, karena dapat bernostalgia dengan game online legend ini kembali.

Terakhir, terlepas dari keuntungan ataupun kekurangan yang dibawanya Ragnarok M Eternal Love saat ini sudah menjadi game mobile MMORPG terbaik yang sangat pantas sekali dimainkan.

Apakah sahabat Gamerszola tertarik untuk mencoba game ini? atau ada sahabat Gamerszola yang sudah memainkan game ini? Berikan tanggapan sahabat pada kolom Comment.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here