Home GUIDE DAN ULASAN GAME Review DEVIL MAY CRY V, Penantian 1 Dekade yang Tidak Sia-Sia

Review DEVIL MAY CRY V, Penantian 1 Dekade yang Tidak Sia-Sia

172
0

Setidaknya butuh 11 tahun lamanya bagi pecinta game yang satu ini untuk bersabar menunggu kelanjutan sekuel dari game ini. Di ajang E3 tahun lalu, ketika Capcom merilis pernyataan mereka bahwa game yang satu ini akan dibuatkan seri ke-5 nya para pecinta game yang satu ini sangat bahagia dan sangat menantikan game ini dirilis.

Yap, game yang dimaksud adalah game Devil May Cry yang sudah diresmi dirilis tahun ini tepatnya pada tanggal 8 Maret 2019 yang lalu. Capcom sebagai developer resmi akhirnya berhasil memenuhi janji mereka untuk merilis kembali Devil May Cry.

Beberapa tahun belakangan ini memang Capcom melakukan pekerjaan yang sangat luar biasa, ditambah dengan keberhasilan dari Devil May Cry V ini semakin membuat posisi mereka nyaman.

Pujian dari fans lantas diberikan langsung kepada sang kreator Hideaki Itsuno dan tim developernya karena telah mendedikasikan waktu selama hampir 5 tahun untuk membuat seri ke-5 ini.

Dengan menggunakan RE Engine sebagai basis, game ini berhasil disambut dengan baik sekali oleh para pecinta gaming dunia. Satu kata yang pantas untuk menggambarkan game ini mungkin adalah kata fantastis.

Sesuai dengan ekspektasi yang ada, memang di seri ke-5 ini ceritanya melanjutkan kembali dari cerita diakhir seri ke-4, sang tokoh utama yaitu Dante di seri ke-5 ini dihadapkan dengan sebuah ancaman baru yang tak terduga.

Berawal dari hadirnya seorang pemuda misterius bernama “V” yang menawarkan sebuah misi yang tidak dapat ditolak oleh Dante, misi tersebut adalah menghabisi Urizen yang merupakan iblis yang kuat dan masih memiliki ikatan darah dengan Dante.

Keponakan dari Dante yaitu Devil Bringer Nero yang tengah menjalani kehidupan yang tenang bersama kekasihnya yang bernama Kyrie juga tak luput dari ancaman yang tak terduga ini. Yamato yang berada di tangan dari nero diambil oleh seorang pria misterius.

Karena tidak terima atas ancaman yang diberikan Nero kemudian mengejar pria misterius tersebut sampai akhirnya Nero bertemu dengan pamannya, Dante beserta para crew Devil May Cry saat sedang melawan Urizen.

Lalu apakah mereka berhasil mengalahkan Urizen yang kuat, dan ikatan apa yang dimaksud ? Siapa pula sosok dari “V” ini ? Pertanyaan ini dapat terjawab jika sahabat Gamerszola memainkan game Devil May Cry V ini.

Melihat plot cerita yang dibawa oleh seri ke-5 ini rasanya memang pujian yang sebesar-besarnya memang harus diberikan kepada sang kreator, walaupun ada beberapa celah plot yang terasa hilang namun terbayar dengan beberapa gameplay yang sangat memukau dan visual yang fantastis.

Ada 3 karakter yang bisa dimainkan pada game ini, dan ketiganya memang adalah jagoan dari Devil May Cry V ini, dimulai dari sang legenda Dante sebagai The Legendary Devil Hunter, lalu keponakannya Nero dan terakhir pemuda misterius yang juga tak kalah ganteng “V”.

Mungkin para pecinta game ini sudah tahu dengan senjata yang dimiliki oleh Dante dan Nero, namun tidak dengan “V” ini. Predikat sebagai karakter baru membuatnya menjadi sangat misterius dan tidak ada yang tahu apa kekuatan yang dimilikinya.

Penjelasan dari para karakter akan di bahas di artikel selanjutnya, karena Gamezola ingin membahas dulu game ini.

Desain para karakter yang terdapat pada game ini tidak terlalu kompleks lagi seperti seri-seri sebelumnya, yang sekarang ini lebih cenderung ke gaya western.

Selain itu dialog yang ditampilkan juga tidak lagi kaku dan terbatas, dan menariknya pemain dapat melihat Dante dan Nero memaki dan mengumpat di game ini.

Bahkan kali ini gameplay akan lebih brutal dengan banyak sekali darah-darah yang keluar. Beragam elemen yang hadir tersebut terasa sangat menyegarkan dan pemain tidak akan kehilangan esensi atau feel Devil May Cry yang dikenal dulu.

Mekanisme elemen Hack & Slash yang ada pada seri sebelumnya juga kembali dihadirkan di seri terbaru ini, pemain juga akan tetap dihadapkan dengan irama pertarungan cepat dan rank yang terus bermunculan dan tentu saja untuk menghasilkan damage yang kuat diperlukan combo yang bagus pula.

Fitur konvensional juga tak luput dan kembali dihadirkan pada seri terbaru ini dan seperti biasa untuk mengakses ability yang lain diperlukan orbs untuk menebusnya.

Dengan tren game sekarang ini yang mempunyai fitur photo mode, maka Capcom juga mau tidak mau memasukkan tren yang bagus ini kedalam game Devil May Cry V, sehingga pemain dapat mengabadikan aksi yang sangat badass hingga terlucu sekaligus.

Salah satu fitur keren yang dibawa game ini juga tak kalah menariknya, yaitu fitur Co-op dimana pemain dapat bekerja sama dengan pemain yang lain secara real-time untuk menyelesaikan stage yang ada, hanya saja tidak semua stage dilengkapi fitur Co-op.

Visual yang ditampilkan pada game ini tidak perlu lagi di ragukan, dengan menggunakan RE-Engine, kualitas visual yang disungguhkan sangat apik. Dimulai dari texture, shadow, lighting, fog, reflection semuanya terbungkus dengan sangat baik dan fantastis.

Efek-efek lain seperti ledakan, darah serta latar tempat bertarung yang hancur terasa sangat nyata dan memanjakan mata sehingga tampak sangat realistis, apalagi detail gerakan para karakter yang di lengkapi dengan teknologi motion capture semakin membuatnya memukau dan cutscene yang hadir terasa hidup dan nyata, karena karakter menampilkan ekspresi yang sama dengan situasi yang dihadapinya.

Game ini merupakan game yang memang sangat pantas untuk dimainkan, Capcom beserta sang kreator Hideaki Itsuno sudah bekerja dengan sangat keras untuk membuat game ini kembali ke puncak kejayaannya lagi.

11 tahun adalah waktu yang sangat lama untuk menantikan seri terbaru dan nyatanya penantian tersebut tidak sia-sia untuk para pecinta game ini dan Capcom sudah memenuhi janji dan bahkan melebihi ekspetasi yang diinginkan pecinta gaming dunia.

Apakah sahabat Gamerszola tertarik untuk memcoba game ini ? Atau apakah ada sahabat Gamerszola yang merupakan pemain lama game ini? Berikan tanggapan sahabat-sahabat sekali di kolom Comment.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here