Home GUIDE DAN ULASAN GAME Review DEVIL MAY CRY V, 3 Jagoan Pembasmi Iblis

Review DEVIL MAY CRY V, 3 Jagoan Pembasmi Iblis

245
0

Devil May Cry V sudah resmi dirilis dan berhasil mendapatkan respon yang sangat positif dari para pecinta gaming dunia. Citra klasik memang akan langsung ditemui oleh pemain karena sang developer yaitu Capcom memang mempertahankan konsep permainan yang sama dengan seri-seri sebelumnya.

Nah jika membahas Devil May Cry maka tentunya tidak asing dengan karakter yang sangat keren dan realistisnya bukan, Yap sang Legendary Devil Hunter Dante dan keponakannya yang juga merupakan Devil Hunter yaitu Nero akan kembali di seri ke-5 ini.

Namun diseri ke-5 ini Dante dan Nero akan ditemani oleh satu karakter baru yang tidak kalah epik yaitu The Mysterious One “V” yah jika sahabat Gamerszola sudah membaca artikel sebelumnya maka akan tahu siapa “V” ini.

Ketiga karakter itu akan dapat dimainkan ditiap stage tertentu, ketiga karakter ini juga memiliki gaya bertarung yang berbeda-beda dan harus dikuasai juga dengan cara yang berbeda-beda.

Variasi (Style) gaya serangan , trickster, royalguard, gunslinger & swordmaster akan kembali memuaskan pemain game ini, nah jika sahabat Gamerszola merupakan pemain game ini di seri ke-4 mungkin tidak akan asing dengan gameplay dari Dante tentunya, namun bagaimana dengan Nero dan “V” ?

Keempat gaya bertarung tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dan juga dapat diganti secara langsung pada saat permainan berlangsung.

Berikut Gamezola akan membahas tuntas ketiga karakter ini beserta dengan gaya bertarungnya, yuk langsung saja :

1. THE LEGENDARY DEVIL HUNTER DANTE

Tidak dapat dipungkiri lagi jika sosok yang satu ini menjadi karakter yang paling ikonik untuk game Devil May Cry. Bagaimana tidak ? para pemain game ini pasti dibuat terkejut olehnya karena dia bisa membawa banyak sekali senjata.

Dante memiliki 5 senjata ranged (Ebony & Ivory, Coyote-A, Dr.Faust, Kalina Ann, Kalina Ann II) dan 6 senjata jarak dekat (Rebellion, Balrog, Sparda Sword, Cavaliere, King Cerberus, Devil Sword Dante).

Semua senjata itu mempunyai moveset dan variasi skill yang berbeda pula, dan semua senjata ini juga dapat digabungkan dengan Style yang digunakan Dante, yaitu :
TRICKSTER = memungkinkan Dante untuk bergerak cepat baik dalam menutup gap dengan musuh maupun menghindari serangan.
GUNSLINGER = memungkinkan Dante untuk melakukan skill untuk memperkuat daya hancur senjata api dan memberikan variasi serangan dengan gerakan baru.
SWORDMASTER = memungkinkan Dante untuk melakukan skill akses combo yang lebih kuat dan stylish saat menggunakan senjata melee (jarak dekat)
ROYALGUARD = memungkinkan Dante untuk melakukan skill untuk memblock serangan musuh atau menangkisnya dengan efek serangan balik (Counter) yang destruktif.

Jika Style yang dipakai masih kurang kuat maka pemain bisa memakai Devil Trigger yang dapat membuat Dante berubah wujud menjadi Demon yang otomatis akan membuat Dante menjadi lebih kuat namun dengan waktu yang terbatas. Dante juga dapat mengakses Sin Devil Trigger yang notabene adalah wujud Demon yang sangat kuat dan merupakan senjata pamungkas untuk melawan boss yang tangguh. Akses pada Sin Devil Trigger ini terdapat sebuah bar berwarna merah.

Dengan kekuatan yang sangat hebat ini bisa dibilang jika Dante adalah karakter yang cara penggunaannya paling kompleks diantara karakter yang lain.

2. THE DEVIL HUNTER NERO

Nero merupakan karakter yang diperkenalkan pertama kali di seri ke-4 dari Devil May Cry dan dia juga merupakan keponakan dari Dante sendiri. Tentu saja karena merupakan keponakan dari Dante maka Nero pun memiliki kemiripan dengan Dante yaitu sama-sama menggunakan pedang besar dan pistol sebagai senjata utamanya.

Pedang besar Nero ini diberi nama Red Queen yang memiliki cara kerja yang cukup unik yaitu pedang besar ini bisa digas layaknya sebuah mesin sepeda motor dan berguna untuk meningkatkan kekuatan dan kecepatan Nero sendiri. Sedangkan untuk pistolnya diberi nama Blue Rose yang merupakan pistol revolver double barrel bermotif bunga dengan daya hancur yang besar.

Dan jangan lupa Nero ini memiliki tangan iblis yaitu Devil Bringer yang memiliki kekuatan yang sangat besar dan dapat menghancurkan musuh dengan mudah. Sayangnya kekuatan ini dicuri oleh Urizen di Devil May Cry V ini dan memaksa Nero untuk menggunakan tangan mekanikal buatan Nico yang diberi nama Devil Breaker.

Menariknya Devil Breaker ini memiliki keistimewaan tersendiri, setidaknya ada 8 jenis Devil Breker yang dapat dipakai oleh Nero diantaranya Overture, Gerbera, Punch Line, Helter Skelter, Raw Hide, Tomboy, Rag Time dan Buster Arm. Ke-8 jenis Devil Breaker ini memiliki kemampuan yang berbeda-beda juga dan sangat kuat namun yang menjadi kekurangannya adalah Devil Breaker ini mudah rusak sehingga harus sering diganti dengan yang baru dan ke-8 Devil Breaker ini tidak dapat digunakan secara langsung, artinya jika Devil Breaker Overture sedang dipakai dan tidak hancur maka pemain tidak akan dapat memakai Devil Breaker yang lain. Syarat untuk mengganti Devil Breaker adalah harus menunggu Devil Breaker yang digunakan hancur terlebih dahulu.

3. THE MYSTERIOUS ONE “V”

Karakter baru ini muncul sebagai karakter yang unik dan sangat berbeda dari Dante dan Nero, bukan tampilannya saja namun serangan yang dilakukan juga berbeda sekali.

Sesuai dengan sebutan yang diberikan kepadanya aura misterius sangat melekat pada karakter yang satu ini. Kemampuan bertarungnya sangat unik sekali, jika Dante dan Nero akan menggunakan tangan mereka sendiri untuk bertarung dan menghancurkan musuh maka tidak dengan “V”.

Karakter yang satu ini adalah seorang Summoner, Yap “V” akan mengandalkan kemampuan Summon Demon ketika sedang bertarung. Gaya bertarungnnya pun terlihat sangat taktis namun cukup sederhana sehingga pemain tidak akan kerepotan untuk belajar menggunakannya.

Ada 3 Demon yang dapat di Summon oleh “V” yaitu :
GRIFFON = Demon yang memiliki wujud burung dengan kemampuan sihir jarak jauh maupun dekat yang sangat efektif.
SHADOW = Demon yang memiliki wujud panther hitam dengan kemampuan serangan jarak dekat/fisik yang kuat dan mencakup area yang luas.
NIGHTMARE = Demon terkuat yang hanya bisa dipanggil dengan mengeksekusi Devil Trigger dan memiliki serangan fisik dan magic yang mengerikan.

Ketiga Demon yang dimiliki “V” memang memiliki kemampuan yang kuat dan dapat bertarung dengan ganas, namun mereka tidak mampu membunuh musuh dan hanya dapat membuat mereka sekarat, ketika musuh sudah sekarat maka “V” akan bertindak sebagai algojo dengan menghabisinya.

Ketiga Demon ini juga bergerak sesuai dengan perintah dari “V” seperti melancarkan sihir dengan menghujani musuh dengan serangan mematikan atau mengaktifkan Devil Trigger kepada Demon pilihannya, dan patut diingat pemain yang memainkan karakter yang satu ini wajib memperhatikan bar HP dari Demon yang diSummon, jika salah satu dari Demonnya mati maka “V” dapat melakukan respawn namun harus menunggu selama beberapa saat dan cara terefektif untuk mempercepat waktu respawn dalah mendekatkan “V” kepada Demonnya yang mati.

“V” adalah karakter yang sangat taktikal sehingga harus cukup sabar dalam menggunakannya.

Itulah ketiga karakter yang playable di game Devil May Cry V, masing-masing memiliki kelebihan yang berbeda-beda dan kemampuan menghancurkan yang berbeda-beda pula.

Hal tersebut lah yang juga menjadi salah satu kunci kesuksesan dari game besutan Capcom ini.

Manakah yang menjadi karakter favorit dari Sahabat Gamerszola ? Berikan tanggapan sahabat di kolom Comment.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here