Home GUIDE DAN ULASAN GAME Review CRASH BANDICOOT N.SANE TRILOGY, Game Legend dari PS1

Review CRASH BANDICOOT N.SANE TRILOGY, Game Legend dari PS1

230
0

Masih ingatkah sahabat Gamerszola dengan salah satu permainan dari game konsol PS1 yang memakai seekor “bandicoot” sebagai karakter utama? Yap, game asal Naughty Dog yang sangat fenomenal tersebut bernama Crash Bandicoot.

Crash Bandicoot menjadi game yang paling digemari oleh para pemain PS1 karena menyajikan permainan dengan petualangan dari seekor bandicoot untuk menghentikan dominasi dunia oleh Cortex. Bandicoot ini merupakan marsupial yang dievolusi oleh Doctor Neo Cortex dan tangan kanannya yang bernama Doctor Nitrus Brio.

Bandicoot ingin menghentikan polusi yang disebabkan oleh kedua Doctor tersebut serta menyelamatkan pacarnya yang bernama Tawna yang juga akhirnya dievolusikan.

Setelah kemuculan game konsol PS2, popularitas yang diraih oleh Crash Bandicoot seakan hilang ditelan bumi. Saat itu banyak sekali pemain PS1 yang memutuskan untuk hijrah ke PS2 karena tentu saja grafik yang ditawarkan jauh lebih baik dari PS1.

Lisensi Crash Bandicoot kemudian terus berganti hingga akhirnya pada tahun 2008, Activision membeli lisensi dari game ini dan masih memegangnya hingga saat ini.

Tahun ke tahun pun berlalu banyak sekali game yang bermunculan, banyak juga game dari konsol-konsol lama yang mengikuti perkembangan dengan merilis game ke konsol terbaru namun ada yang berakhir dengan kegagalan dan ada juga yang berakhir dengan baik.

Pecinta gaming dunia ingin merasakan kembali permainan dari PS1 yang sangat seru dizamannya, dengan meminta para pemilik lisensi me-Remaster kembali game PS1 ke grafik visual yang lebih baik dan akhirnya terjadilah hal tersebut dan kini Crash Bandicoot telah kembali setelah di Remaster.

Namun hal yang membuat penggemar game ini semakin bahagia adalah Remaster yang dikeluarkan kali ini dibuat Trilogy, Yap seluruh seri dari permainan Crash Bandicoot digabung dalam 1 game yang bernama Crash Bandicoot N.Sane Trilogy.

Sebenarnya hal ini juga sudah pernah dilakukan di PS1, Crash Bandicoot, Crash Bandicoot : Cortex Strikes Back dan Crash Bandicoot Warped digabung dalam 1 game.

Setelah 20 tahun lamanya Activision selaku pemilik lisensi hingga saat ini menunjuk Vicarious Visions sebagai developer yang bertanggung jawab untuk proyek Remaster game ini.

Permainan dari game ini masih sama dengan versi PS1, tidak ada perbedaan yang mencolok selain daripada grafik yang ditingkatkan menjadi HD. Kemampuan dari Crash Bandicoot sendiri juga tidak berubah dan masih bisa melakukan Double Jump dan kemampuan lainnya.

Memang boleh dibilang tidak ada sesuatu yang baru dari game Remaster ini, namun menurut Gamezola sendiri langkah ini sejatinya sudah sangat tepat dilakukan oleh Vicarious Visions. Meskipun tidak ada hal yang baru namun memang game ini sudah menjadi salah satu game terbaik sepanjang masa yang tidak harus melakukan penambahan.

Bagaimana tidak? dengan Trilogy yang ada ini saja sudah membuat para penggemar game ini berhura-hura. Karena setiap level yang dihadirkan masih sangat menantang seperti versi terdahulunya.

Salah satu level yang membuat Gamezola kaget adalah ketika dikejar oleh Badak di arena yang ada lavanya. Jika biasanya game lain hanya akan berjalan ke arah depan dan dapat melihat tantangan yang sudah disiapkan, namun jika sudah berada dilevel yang dikejar badak maka kita akan berjalan dengan arah berlawanan yaitu ke belakang, tantangan yang harus dihadapi adalah tiba2 munculnya Nitro maupun TNT yang siap meledak dan menghalagi jalan.

Menyebutnya sebagai game Remaster sejatinya tidak terasa cocok, Karena biasanya jika game Remaster hanya akan meningkatkan resolusi game ke tingkat yang lebih tinggi, namun Vicarious Visions membuat sedikit perbedaan dari Crash Bandicoot N.Sane Trilogy ini dengan penambahan banyak aset baru dan hasilnya yang memang fantastis membuat game ini lebih cocok disebut sebagai Remake.

Peningkatan sisi visual yang ditawarkan pada game ini terbilang luar biasa, karena developer membangun kembali dengan menawarkan sensari modern sekaligus familiar. Bahkan hingga ke bagian yang sangat detil juga dibuat dengan halus sekali.

Segala sesuatu berubah mulai dari model karakter, tekstur, desain level hingga efek visual dan efek motion blur dapat ditemukan di game ini.

Bisa dibilang pihak developer berhasil mempertahankan sisi permainan terdahulu didalam bentuk yang baru ini. Tingkat kesulitan yang ditawarkan sama dengan versi terdahulu.

Fitur yang disematkan ke game ini tentunya Auto-save yang akan sangat berguna bagi pemain game ini, karena sudah menjadi penyakit bahwa karena rasa keingin-tahuan stage berikutnya pemain menjadi lupa save dan rupanya ketika di stage berikutnya hanya tersisa 1 nyawa.

Namun terlepas dari sisi positif dari Crash Bandicoot N.Sane Trilogy ini penggemar tentunya masih ingin melihat adanya kelanjutan dari cerita Trilogy ini, pihak developer bisa saja membuatnya dengan menambah stage yang lebih menantang dan mungkin muncul karakter baru yang pastinya akan semakin menambah keseruan game ini.

Semoga saja ada kabar yang bahagia di masa depan untuk penambahan cerita atau pun karakter baru pada game ini.

Bagaimana, tertarikkah sahabat Gamerszola untuk mencoba bernostalgia dengan game legend ini? Jangan malu untuk memberikan jawaban sahabat pada kolom Comment dan Salam AKU-AKU.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here