Home GUIDE DAN ULASAN GAME Review APEX LEGENDS, The New Evolution of Battle Royale

Review APEX LEGENDS, The New Evolution of Battle Royale

170
0

Game Online bergenre Battle Royale memang saat ini sedang menjadi genre primadona di dunia gaming. Bagaimana tidak, dengan eksistensi dari game PUBG (Player Unknown Battle Ground) & Fortnite sebagai game yang pertama menyebarkan genre ini membuat para developer & publisher berlomba-lomba untuk membuat game baru dengan genre yang sama.

Game Battle Royale terbaru yang saat ini paling banyak diminati adalah APEX LEGENDS. Developer Respawn Entertainment memberikan kejutan baru dalam dunia gaming dengan menghadirkan game APEX LEGENDS untuk bersaing dengan PUBG serta Fortnite.

Perlu kita ketahui bahwa Respawn Entertainment merupakan developer jagoan yang sudah banyak meluncurkan game-game terbaik. Game ini membawakan mekanik permainan dari Titanfall, dan diawal perilisan game ini ternyata mendapatkan respon yang sangat positif.

Game ini sukses besar dengan berhasil menarik 25 juta pemain hanya dalam kurun waktu 1 minggu setelah peluncurannya. Hebat sekali bukan ? Hal tersebut tidak terlepas dari berbedanya konsep yang dibawakan oleh game ini.

Seperti kebanyakan game Battle Royale, APEX LEGENDS juga menyajikan permainan F2P untuk game konsol maupun PC, Hal ini tentu saja membuat banyak sekali player senang karena mudah untuk mengakses game ini

APEX LEGENDS bisa juga dibilang sebagai gabungan dari game Overwatch dengan PUBG, Hal tersebut dapat dilihat dari aspek game yang team-based shooter seperti pada Overwatch dan battle royale seperti PUBG. Banyak sekali inovasi serta desain yang memukau, membuat game ini layak disebut sebagai The Next Evolution Of Battle Royale.

Respawn Entertainment berhasil mengimplementasikan berbagai gabungan elemen kompetitif yang membuat gameplay dari APEX LEGENDS sangat berbeda dari game Battle Royale lainnya.

Tidak menghadirkan mode solo, duo, ataupun mode squad seperti game Battle Royale yang lain sudah membuat 1 perbedaan yang mencolok dari game ini. APEX LEGENDS hanya memberikan 1 opsi dengan squad berisikan 3 pemain. Dengan total 60 pemain dalam 1 match maka otomatis akan ada 20 squad yang terbentuk.

Kabar terbaru mengatakan bahwa pihak Respawn Entertainment masih mempertimbangkan rencana untuk menghadirkan mode solo, duo dan lainnya. Dikarenakan dengan banyaknya permintaan dari solo player yang ingin mencoba sensasi bermain solo di game ini.

Sebenarnya ada alasan khusus mengapa APEX LEGENDS tidak menghadirkan mode solo maupun duo, hal yang developer game ini incar adalah sebuah kerja sama tim dan strategi yang tepat untuk mencapai kemenangan.

Respawn Entertainment memang menyebutkan bahwa game APEX LEGENDS merupakan sebuah “strategic battle royale” , jadi tidak hanya dengan membunuh player lainnya untuk mendapatkan kemenangan tapi juga dengan perhitungan serta strategi yang pas.

Tentunya para player harus berkerja sama untuk memenangkan permainan, dan karenanya Respawn Entertainment menyediakan tombol khusus untuk player agar dapat berkomunikasi secara kontekstual dengan squad mereka. Contohnya pada game konsol, jika player menekan tombol R1, maka karakter player akan mengatakan sesuatu sesuai dengan apa yang player lihat di kursor. Menarik sekali bukan ?

Total ada 8 karakter yang dirilis sejauh ini, dengan 6 karakter terbuka untuk dimainkan secara Free dan 2 karakter yang terkunci. 2 karakter ini bisa di un-lock dengan melakukan grinding Legends Token dan microtransaction.

Yang membuat game ini terasa lain adalah karena setiap karakter ternyata mempunyai kemampuan khusus yang bisa dipakai untuk membunuh musuh. Kemampuan khusus atau biasa disebut dengan Ability ini untuk setiap karakter sangat mudah di pelajari dan dikuasai dengan cepat.

Terdapat 3 tipe Ability pada tiap karakter yaitu Passive, Tactical & Ultimate. Sesuai namanya Passive, maka ability ini hanya akan muncul pada saat-saat tertentu, Kemudian Tactical membutuhkan Cooldown yang singkat, Serta terakhir Ultimate yang merupakan ability/jurus pamungkas dengan durasi cooldown yang lebih lama dari Tactical.

Namun ada 1 hal perlu ditegaskan adalah Ability Ultimate itu tidak akan membuat musuh mati secara instan. Memang banyak sekali ability yang bisa digunakan pada game ini, tapi ability itu harus digunakan para player secara benar untuk menang.

Desain map pada game ini terasa sangat nyata, terdapat juga banyak tempat untuk berlindung, pintu, jalan tembus, serta vertikalitas yang cukup tinggi. Player akan sering menemukan tempat untuk berlindung, dan dalam game ini juga tidak akan ditemukan adanya fitur kendaraan sebagai alat transportasi.

Sebagai gantinya APEX LEGENDS menghadirkan Zipline yang berguna untuk berpindah tempat dengan cepat. Player akan didorong melalui balon udara untuk mencapai tujuan yang dikehendaki.

Tidak seperti kebanyakan game Battle Royale yang memungkinkan player yang tergabung dalam squad untuk terjun sendiri-sendiri, APEX LEGENDS memakai fitur Jumpmaster, dimana satu orang dari squad akan ditunjuk untuk memilih lokasi terjun seluruh squad bersamaan.

Untuk saat ini memang konten yang disediakan belum banyak, mengingat game ini masih sangat baru. Akan tetapi, player sudah bisa merasakan atmosfer kompetisi yang berbeda dari yang lainnya.

APEX LEGENDS adalah game Battle Royale yang menyenangkan, fitur komunikasi yang dirancang intuitif, gameplay taktis dan menegangkan, serta kualitas grafis yang sangat bagus membuat daya tarik game ini semakin kuat.

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba APEX LEGENDS? Jangan sungkan untuk membagikan pendapat gamerszola dikolom komentar ya, Sampai ketemu di Outlands!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here