Home GUIDE DAN ULASAN GAME Review ANTHEM, Action RPG Milik EA

Review ANTHEM, Action RPG Milik EA

207
0

Game yang paling ditunggu perilisannya mungkin adalah game besutan EA yang berjudul Anthem, Yap game ini sudah resmi dirilis pada tanggal 22 Februari 2019 lalu.

Game bergenre Action RPG yang dibuat oleh Bioware dan EA ini sempat mendapatkan penghargaan sebagai game yang paling ditunggu kehadirannya selama tahun 2018.

Game ini dibuat oleh EA dengan bekerja sama dengan Bioware Edmonton, guna memberikan kepuasan bermain yang real bagi pemain game Anthem ini. Dibuat dengan menggunakan engine Frostbite yang sangat menawan secara visual terutama jika dimainkan pada PC.

Anthem mengambil setting cerita dimana terdapat sebuah dunia yang ditinggali oleh ras Shapers. Ras Shapers ini memiliki sebuah teknologi kuat yang disebut sebagai Anthem of Creation. Kekuatan daripada teknologi ini sangat kuat hingga membuat ras lain ketakutan.

Shapers kemudian menciptakan suatu dunia yang sesuai dengan keinginan mereka, dunia itu diberi nama Anthem. Namun Shapers kemudian menghilang sebelum menyelesaikan dunia Anthem yang mereka inginkan dan banyak sekali teknologi yang mereka tinggalkan kemudian menjadi rongsokan.

Karena kuatnya teknologi dari Anthem of Creation ini tentu saja membuat banyak sekali ras yang ingin menguasainya, namun ada satu teknologi yang dapat mengendalikan Anthem of Creation ini yang bernama Cenotaph.

Cenotaph ini kemudian diburu oleh kelompok militan yang menamakan diri mereka Dominion dengan menyerang para Javelins yang ingin melindungi Cenotaph, hingga akhirnya karena ada kesalahan sehingga Cenotaph tersebut meledak dan menghancurkan kota dari para Javelins yaitu Freemark. Kini para Javelins berusaha untuk menembus badai yang diciptakan Cenotaph bernama Heart of Rage dan mematikan Cenotaph itu.

Menembus badai Heart of Rage dan mematikan Cenotaph merupakan misi utama dari game ini.

EA memang sudah sangat terkenal dalam memakai engine Frosbite dalam game yang diluncurkannya sebut saja Battlefield V dan FIFA 19, kali ini untuk pertama kalinya EA membuat sebuah game Open World yang sebelumnya tidak pernah mereka pikirkan sama sekali.

Anthem memiliki grafis yang sangat luar biasa, tentu saja karena adanya engine Frosbite yang digunakan. Karakter para Javelins pun tergambarkan secara indah dan nyata. Bahkan ketika memainkan game ini para pemain akan merasakan seperti berada didalam game, karena efek yang diciptakan sangat memukau.

Ketika didalam game terjadi hujan maka akan tampak secara jelas dan nyata sekali hujan tersebut membasahi Javelins yang digunakan, Apa lagi jika sedang terjadi perang dengan Dominion, efek ledakan yang dihasilkan sangat memukau.

Terdapat 4 tipe Javelins yang bisa pemain gunakan nantinya yaitu Ranger, Interceptor, Strom dan Colossus. Keempat Javelins ini memiliki visualisasi yang berbeda-beda pula, digambar oleh developer dengan sangat bagus dan nyata .

Keempat Javelins ini tentu saja mempunyai kelebihannya masing-masing, juga dapat membuat combo yang sangat menarik. Keempat Javelins ini harus berkerja sama untuk membuat efek serangan yang besar.

Engine Frosbite memang sangat memesona sehingga EA sangat suka sekali menggunakan engine ini pada game besutannya, tak hanya visual yang dihasilkan memukau tetapi juga audio yang sangat bagus, efek suara tembakan dan ledakan terasa sangat nyata sehingga jika pemain menggunakan headset ketika bermain akan terasa seperti sedang berada di medan pertempuran.

Musik yang digunakan pada game ini juga merupakan musik yang dapat membangkitkan mood sesuai dengan atmosfer game yang ada. Pemain juga bisa menggunakan Javelins untuk berenang dan juga terbang layaknya Iron Man.

Namun terlepas dari keunggulan yang ditawarkan game yang berkonsep Open World tentu saja masih mempunyai kelemahan, jika pada artikel sebelumnya Dynasty Warrios 9 terasa begitu kosong maka Anthem terasa membosankan. Mengapa tidak, memang game ini memfasilitaskan pemainan yang luas. Namun seringkali permainan game ini berakhir pada tempat hutan tropis sehingga semua serba hijau.

Padahal Javelins yang dibuat bisa digunakan untuk berenang dan terbang namun, ketika dihadapkan pada peperangan maka tetap saja pertempuran akan berada di daratan hutan tropis, jika saja bisa melakukan pertarungan didalam air dan udara maka game ini akan menjadi sangat keren dan tentu saja berkesan.

Untuk kelengkapan senjata yang dihadirkan juga terkesan biasa-biasa saja, padahal Javelins merupakan robot tempur yang sangat keren dan tentunya harus mempunyai senjata yang kuat dan unik.

Melihat bahwa tema yang ada pada game Anthem ini mengambil tema Sci-fi maka kehadiran senjata yang sama persis seperti dunia nyata sangat membuat game ini buruk. Ada banyak sekali ide yang bisa diterapkan untuk membuat senjata game ini semakin berguna seperti contohnya membuat senjata lightsaber yang tentu saja akan memberikan suatu efek berbeda ketika menggunakannya.

Belum lagi ada laporan bahwa game ini membuat konsol PS4 mati total semakin membuat pecinta gaming was-was ketika memainkan game ini, adanya bug yang juga menjadikan game ini semakin buruk.

Dan juga parahnya lagi ketika memainkan level yang lebih sulit, loot yang didrop juga tidak bagus, biasanya semakin susah tingkat kesulitan sebuah game maka loot yang dikategorikan langka akan mudah untuk didapatkan, namun tidak pada game Anthem ini sehingga membuat pemain semakin jenuh untuk memainkannya.

Terlepas dari itu semua beruntung saja, pihak developer sepertinya sangat mendengarkan masukan dari para pemain yang sudah memainkan game ini, pihak EA maupun Bioware memastikan akan menerima semua masukan yang diberikan dan akan membuat masukan tersebut menjadi nyata pada game Anthem 2.

Memang banyak sekali kelemahan dari game yang berkonsep Open World, karena memang sepertinya pecinta gaming dunia sudah paham betul dengan aspek-aspek seperti apa yang seharusnya muncul pada game Open World.

Anthem sudah termasuk game yang sangat menarik untuk dimainkan terlepas dari kekurangan yang ada, dengan memainkan Javelins yang keren akan membuat pemain Anthem merasakan keseruan menggunakan robot tempur untuk menjatuhkan monster yang ada di dunia Anthem.

Menarik sekali untuk menunggu kelanjutan dari proyek game Anthem ini, apakah pihak developer akan memcoba untuk menutup berbagai kekurangan tersebut atau kekurangan tersebut akan dipakai untuk membuat seri kedua dari game ini? Satu hal yang pasti, pihak developer sudah membuat game yang cukup bagus.

Apakah Anda tertarik untuk mencoba game Anthem ? Jangan malu untuk memberikan komentar sahabat Gamerszola di kolom Comment.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here